-->
  • Jelajahi

    Copyright © WARTANAD.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Aceh

    Syarat Minimal Dukungan Bakal Calon Perseorangan Pilkada Pidie Sebanyak 13.363 Jiwa, H. Jamaluddin Memenuhi Syarat

    Jun 3, 2024, 3:16 PM WIB Last Updated 2024-06-03T08:41:31Z

     

    Syarat Minimal Dukungan Bakal Calon Perseorangan Pilkada Pidie Sebanyak 13.363 Jiwa, H.jamaluddin Abdullah, SP.
     Memenuhi Syarat.( Foto Dokumentasi Wartanad.id)



    Pidie ( Wartanad.id) - Sehubungan dengan tahapan Verifikasi Administrasi Dokumen Syarat Dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024 dan pelaksanaan finalisasi perubahan Pedoman Teknis, sambil menunggu pengundangan Peraturan KPU tentang Pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota dalam Pemilihan Serentak Tahun 2024, disampaikan hal-hal berikut untuk dipedomani.




    Azhari Divisi Teknis dan Penyelenggaraan pada komisioner KIP Pidie mengatakan kepada media ini bahwa Jumlah dukungan hasil Verifikasi Administrasi Bakal Pasangan Calon dari jalur independen sebagaimana dimaksud di atas sejumlah 14.597 dukungan. Adapun Jumlah dukungan yang dinyatakan Memenuhi Syarat 13.363, Jumlah Belum Memenuhi Syarat 416 dan Jumlah Tidak Memenuhi Syarat 818. Jumlah yang Memenuhi Syarat tersebut diatas lebih banyak dari syarat jumlah dukungan minimal sebanyak 13.347 orang yang telah ditetapkan.


    Selanjutnya Jumlah dukungan hasil Verifikasi Administrasi Bakal Pasangan Calon sebagaimana dimaksud di atas tersebar di 23 kecamatan. Sebaran tersebut lebih banyak dari minimal sebaran 12 kecamatan yang telah ditetapkan.


    Dengan demikian, status Verifikasi Administrasi Bakal Pasangan Calon Bupati Pidie dari jalur independen Terhadap H.jamaluddin Abdullah, SP. sebagaimana dimaksud di atas dinyatakan Memenuhi Syarat dan selanjutnya dapat mengikuti tahapan berikutnya.


    Persiapan administrasi dokumen syarat dukungan pasangan calon perseorangan kepala daerah tahun 2024 adalah Rabu, 29 Mel 2024 - Minggu, 2 Juni 2024. Untuk pemenuhan persyaratan dukungan pasangan calon perseorangan dilakukan pada 5 Mei hingga 19 Agustus 2024


    Hal itu disampaikan Divisi Teknis Dan Hukum Penyelenggara Komisi Independen Pemilihan (KIP) Pidie , Azhari pada media ini, Senin ( 3/6/2024)


    Dikatakannya, penyerahan dokumen syarat, 8-12 Mei 2024, verifikasi dukungan oleh KIP, 13-29 Mei 2024, Perbaikan kesatu dan Penyerahan perbaikan kesatu Dokumen Syarat Dukungan kepada KPU Provinsi/KIP

    , 29-2 Juni 2024 dan Verifikasi administrasi perbaikan kesatu Sabtu, 8 Juni 2024- Selasa, 18 Juni 2024 Dokumen Dukungan oleh KPU Provinsi/KIP Aceh dan KPU/KIP Kabupaten/Kota


    Persiapan yang dilakukan calon perseorangan adalah menyiapkan data dukungan melalui format excel yang telah disiapkan KIP Pidie 


    Sistem Informasi Pencalonan Pemilihan Kepala Daerah (Silonkada), sebut Azhari, merupakan seperangkat sistem teknologi yang berbasis web dalam rangka memfasilitasi tahapan pencalonan dan wakil kepala daerah.


    Ruang lingkupnya meliputi penyerahan syarat dukungan, verifikasi administrasi syarat dukungan, pendaftaran bakal pasangan calon, verifikasi administrasi, penetapan pasangan calon dan hasil klarifikasi tanggapan masyarakat.


    Disebutkannya, bakal pasangan perseorangan calon bupati dan wakil bupati mengajukan permohonan akses aplikasi Silonkada kepada KIP Pidie.


    “Setelah menerima akses, bakal pasangan calon melakukan pengimputan dan pengunggahan data. Selanjutnya, proses penyerahan bukti dukungan melalui aplikasi Silonkada, dengan menyerahkan surat penyerahan dukungan dan jumlah dukungan yang diunduh,” ucap Azhari.


    “Menyiapkan data bukti (Form B1 KWK dan pernyataan identitas) secara digital (scan/pindai), menyiapkan petugas/admin solonkada dan menyiapkan petugas penghubung,” jelas Azhari.


    Adapun tahapan Pilkada 2024 meliputi, tahapan pemenuhan persyaratan dukungan pasangan calon mulai 5-19 Agustus 2024. Laporan ( FH01)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini