-->
  • Jelajahi

    Copyright © WARTANAD.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Aceh

    Tradisi Adat Budaya Aceh Keumaweih,Tujuh Bulanan Ibu Hamil

    Dec 3, 2023, 12:00 PM WIB Last Updated 2023-12-04T02:35:48Z

     

    Tradisi Adat Budaya Aceh Keumaweih,Tujuh Bulanan Ibu Hamil. ( Foto Dokumentasi Hanan Abdullah)



    Pidie Jaya ( Wartanad.id) - Prosesi Adat Budaya Keumaweuh Tradisi Masyarakat Aceh Jelang Kehamilan tujuh bulan. Adapun prosesi adat istiadat tersebut kini dilaksanakan di kediaman Drs.Sulaiman Abdullah Gampong Reudeup Melayu Bandar Dua Pidie Jaya. Minggu ( 3/11/2023)


    Drs, Sulaiman kepada media ini mengatakan tentang Prosesi adat budaya keumaweuh Calon Ibu di Peusijuek (Tepung Tawar) diAceh saat acara Keumaweuh jelang kehamilan bulan ketujuh untuk calon anak pertama.


    Tradisi tujuh bulanan ini mempunyai nama lain sesuai dengan kearifan lokal setempat, Seperti diaceh Besar biasa disebut dengan Ba Bu Tujoeh Buleun, Maka Di daerah lain ada yang menyebutkan tradisi “keumaweuh“, “Pesijuek “Mee Bu,” “adat Mume” dan nama lainnya. 




    Dalam pantauan media ini berkesempatan melihat langsung tradisi tujuh bulanan ini , Yang mana prosesi adat keumaweuh masyarakat Pidie Jaya menyebutkan tradisi Ba bu Tujoeh Buleun. 


    Catatan media ini tentang adat-istiadat Masyarakat Aceh memiliki budaya adat dengan nilai-nilai religius yang identik dengan Islam, Kehidupan budaya adat Aceh dengan Islam tidak dapat dipisahkan. Harmonisasi antara adat dan Islam ini berkembang dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat.


    Masyarakat Aceh terbiasa menyesuaikan praktik agama dengan tradisi atau adat istiadat yang berlaku. Hal ini terlihat dalam kehidupan sosial budaya Aceh, sebagai hasilnya Islam dan budaya Aceh menyatu, sehingga sukar dipisahkan.


    Di Aceh ketentuan syariat Islam merupakan bagian dari adat atau telah diadatkan. Sebaliknya, adat merupakan bagian dari Islam, atau yang telah diislamkan.


    Beragam adat Aceh tidak terlepas dari nilai-nilai syariat Islam, Tentunya dalam kaitan dengan hal tersebut, dalam masyarakat Aceh juga berlaku ketentuan bahwa adat itu ada dua yaitu, pertama ketentuan Allah Swt yang tidak berubah sepanjang masa dan kedua adat kebiasaan masyarakat berdasarkan syariat Islam.


    Islam dan budaya adat Aceh menjadi satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Keduanya menyatu dan berkaitan erat dalam kehidupan masyarakat Aceh. Budaya adat Aceh sangat kental dengan Islam, Laporan ( Hanan)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini