-->
  • Jelajahi

    Copyright © WARTANAD.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Aceh

    UPTD Puskesmas Mila Bersama Muspika Gelar Lokakarya Mini Lintas Sektor Dana BOK 2023

    Nov 3, 2023, 6:21 PM WIB Last Updated 2023-11-03T11:22:34Z

     

    UPTD Puskesmas Mila Bersama Muspika Gelar Lokakarya Mini Lintas Sektor Dana BOK 2023.( Foto Dokumentasi Wartanad.id)


    Pidie - ( Wartanad.id) - Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Mila , Kabupaten Kabupaten Pidie bersama Muspika Kecamatan Mila menggelar Lokakarya Mini Lintas Sektor Dana BOK Tahun 2023 Diaula Puskesmas, Hadir pada acara Lokakarya mini Lintas Sektor sebagai berikut:

    -Pj Camat Mila An, Umar S sos.MM

    -Danramil Mila An Kapten inf Rusli L

    - Kapolsek Mila An Ipda  BASRI

    - Kepala puskesmas Mila An, Yunita Skm

    = Dr.ASRINA Pada Puskesmas Mila 

    - kepala KUA Kecamatan Mila 

    - Seluruh kepala sekolah dlm kec. Mila

    _ iImum mukim ( Tokoh Pemuka Masyarakat)

    - Seluruh Geuchik Gampong .dlm kec mila

     Jum'at ( 03/11/2023) 


    Kepala Puskesmas Mila Yunita ,SKM S, Dalam arahannya pada Mini Lokakarya tersebut memfokuskan pembahasan pada tiga atau empat hal, yaitu berkaitan dengan Program Puskesmas, seperti Gerakan Eliminasi Tuntaskan Tuberkulosis (TBC) dan tengkes atau stunting (GETTS), Penyakit Tidak Menular (PTM) dan Kesehatan Lingkungan.


    Ia menyebutkan bahwa TBC adalah infeksi laten, karena kurangnya pengetahuan di masyarakat tentang TBC, sehingga mudah menyebar juga terkait keterbatasan logistik diperlukan tindak lanjut strategi komunikasi dan berbagai upaya lainnya.


    "Targetnya kami akan melakukan deteksi dini TBC dan mengharapkan kerja sama dari Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimka), Kepala Desa Sekecamatan Mila serta unsur lainnya," ungkapnya.


    Dr .Asrina juga memberi pengetahuan tentang Penyakit Tidak Menular (PTM) yang konon kabarnya menjadi pembunuh kelas utama, antara lain berkaitan dengan penyakit tekanan darah, gula darah, lipid darah, obesitas dan lain-lain.


    Strategi yang kami gunakan disebutnya antara lain Pandu PTM di Poli PTM Puskesmas, juga akan menggencarkan kegiatan skrining PTM di desa-desa.


    "Skrining PTM sudah ada jadwalnya, untuk itu perlu perhatian semua pihak," tambahnya.


    Sementara itu masalah mendasar yang akan dibahas dalam mini lokakarya tersebut juga berkaitan dengan Kesehatan lingkungan.


    Kesehatan lingkungan faktor yang mempengaruhi derajat kesehatan, antara lain faktor perilaku, faktor lingkungan, fisik, kimia, biologi dan lainnya.


    "Salah satunya masalah lingkungan yang akan kita bahas ini adalah pengarusutamaan pengelolaan sampah," pungkasnya. 


    Sementara itu, PJ, Camat Mila Umar.S.Sos.MM mengharapkan agar seluruh Kepala Desa ( Keuchik ) mampu mengakomodir dan memfasilitasi semua Program Kesehatan yang ada di Desa untuk mengatasi semua masalah kesehatan yang sangat Kursial melalui wadah yang ada.

    “Salah satunya melalui Posyandu Terintegrasi dan Desa Siaga, sesuai dengan MoU yang pernah dibuat dan ditandatangani bersama, Sebab semua sasaran dari seluruh capaian program kegiatan bermuara di desa,” tegas Umar.


    Oleh karenanya, ia berharap pula dengan pertemuan rutin lintas sektoral ini agar seluruh kepala desa ( Keuchik) Sekecamatan Mila , Lintas Sektor yang berkompeten dan pihak Puskesmas wajib selalu melakukan koordinasi dalam setiap program kegiatan. Laporan ( FH01)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini