-->
  • Jelajahi

    Copyright © WARTANAD.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Aceh

    Pj Bupati Nagan Raya Fitriany Farhas,AP, S.Sos, M.Si penyerahan alat tangkap untuk nelayan PPI Kuala Tuha

    Nov 22, 2023, 8:10 AM WIB Last Updated 2023-11-22T01:10:30Z
    Wartanad.id - Suka Makmue - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya melalui Dinas Kelautan Perikanan dan Pangan (DKPP) salurkan bantuan untuk nelayan.

    Kegiatan ini berlangsung di Kantor Sekretariat Panglima Laot Komplek PPI Kuala Tuha, Gampong Kuala Tuha, Kecamatan Kuala Pesisir, Senin (20/11/2023).

    Penyerahan penyediaan sarana usaha perikanan seperti cool box, life jacket, ring life buoy serta alat tangkap untuk nelayan tersebut dilakukan langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya Fitriany Farhas, AP, S.Sos., M.Si secara simbolis.

    Dalam arahannya, Pj Bupati Fitriany mengatakan bahwa, Kabupaten Nagan Raya merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi yang luar biasa pada sektor kelautan dan perikanan.

    Kemudian, tambahnya, dengan panjang garis pantai hampir 75 kilometer serta memiliki 7 wilayah lhok nelayan, di dalamnya menyimpan banyak potensi sumber daya alam yang disediakan secara gratis oleh alam namun belum dapat digarap dengan maksimal. 

    "Potensi sektor kelautan dan perikanan yang luar biasa ini kiranya perlu dioptimalkan pengelolaan yang baik untuk mendapatkan hasil yang maksimal," ujar Fitriany.

    Menurutnya, sektor kelautan melalui konsep blue economy mampu meningkatkan perekonomian masyarakat, memperkuat ketahanan pangan daerah.

    Dikatakan, untuk memaksimalkan potensi tersebut dan mewujudkan kesejahteraan nelayan diperlukan upaya-upaya ekstra seperti menyediakan bantuan baik sarana maupun prasarana pendukung aktifitas penangkapan ikan untuk nelayan.   

    "Walau dalam kondisi keterbatasan, kami  terus berkomitmen memperjuangkan kesejahteraan nelayan dengan melakukan lobi-lobi ke Pemerintah Aceh dan Pemerintah Pusat," kata Fitriany.

    Untuk mengembangkan sektor nelayan, Fitriany juga telah melakukan beberapa upaya, seperti Program Kampung Nelayan Maju (Kalaju), Program Kampung Perikanan Budidaya (PKPB), kehadiran SPBUN (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum Nelayan), bantuan alat penangkapan ikan dan bantuan sarana penunjang penangkapan ikan.

    "Oleh karena itu, mari kita bersama bangun dan ciptakan iklim di sektor kelautan dan perikanan yang lebih baik lagi ke depannya," ajak Pj Bupati Fitriany.

    Diakhir pidatonya, Fitriany meminta kepada seluruh nelayan agar bantuan yang telah diberikan tidak diperjual belikan dan betul-betul dimamfaatkan dengan sebaik-baiknya demi mendukung produktifitas nelayan.

    Sebelumnya, Kepala DKPP Nagan Raya Azman, S. Hut, dalam laporannya menjelaskan tujuan kegiatan penyediaan sarana itu untuk meningkatkan produktivitas hasil tangkapan nelayan di daerah tersebut.

    "Semoga dengan adanya bantuan ini dapat meningkatkan perekonomian serta kesejahteraan nelayan, khususnya di Kabupaten Nagan yang kita banggakan," ucap Azman. 

    Lanjut Azman, bantuan penunjang penangkapan perikanan berupa cool box sebanyak 235 unit, life jacket sebanyak 284 buah dan ring life buoy sebanyak 200 buah dengan jumlah penerima bantuan sebanyak 418 orang yang terbagi di Kecamatan Kuala Pesisir, Tadu Raya, Tripa Makmur dan Kecamatan Darul Makmur.

    Sementara bantuan alat penangkapan ikan, tambahnya, yaitu berupa rawai dasar sebanyak 66 unit dan jaring insang (gillnet) sebanyak 50 unit, dengan jumlah penerima bantuan sebanyak 116 orang yang terbagi pada Kecamatan Kuala Pesisir, Tadu Raya dan Kecamatan Tripa Makmur.

    "Untuk diketahui, saat ini jumlah keseluruhan armada kapal perikanan yang tercatat di Kabupaten Nagan Raya di bawah 5 GT atau ukuran besar volume kapal, sebanyak 125 unit dan 67 unit perahu motor tempel," jelas Azman.

    Turut hadir dalam acara tersebut Ketua Komisi lV DPRK, Camat Kuala Pesisir, Kapolsek dan Danposramil Kuala Pesisir, Koordinator PPI Kuala Tuha, Panglima Laot Kabupaten, para Panglima Laot Lhok, para Keuchik, serta para tamu undangan lainnya
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini